Powered by Blogger.

Soal Psikotes TPA

Soal TPA atau Tes Potensi Akademik adalah bagian dari soal psikotes untuk mengetahui kecerdasaan seseorang dalam ilmu akademis seperti kemapuan berhitung dan berfikir. Kemampuan ini sangat penting bagi calon karyawan yang menempati posisi yang bersifat teknikal.

Standar test TPA adalah mengukur potensi akademis seseorang dengan membantdingkan potensi satu calon dengan calon peserta tes lainnya secara objektif.

Materi yang diuji dalam psikotest ini merujuk  kepada GRE (Graduate Record Examination) sebagai standar internasional. Dan standar ini menjadi syarat utama di terima di kampus-kampus internasional.

Soal-soal TPA ini terbagi tiga jenis tes yaitu tes verbal, tes logika dan tes spasial. Sekarang tes ini dapat anda lakukan secara online, sehingga anda dapat mengetahui berapa nilai tesnya saat itu juga. Pada soal-soal TPA Online ini sebenarnya sama saja seperti soal TPA di buku-buku yang dijual di pasaran.

Tes kemampuan verbal. Fungsi test verbal adalah mengukur kemampuan dibidang kata-kata dan bahasa, yang meliputi tes sinonim, tes antonim, tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Tes kemampuan spasial. Untuk mengukur kemampuan dibidang angka dalam berpikir terstruktur dan logis matematis, yang meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri huruf, tes seri angka, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.

Tes logika penalaran. Untuk mengukur kemampuan dalam penalaran dan pemecahan masalah secara logis dan masuk akal, yang meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan, tes logika cerita dan tes logika diagram.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai soal psikotes TPA ini, untuk contoh-contoh soal TPA ini dapat anda lihat pada artikel Contoh-contoh Soal TPA.

0 comments:

Post a Comment